29 Nov 2014

Domain Kementerian Desa Pindah Alamat

GampongRT - Pada era sebelumnya, tidak ada kementerian yang fokus mengembangkan perdesaan. Karena urusan desa tak terpimpin dan hanya menjadi desa sebagai proyek. 

Dulu urusan desa berada dibawah Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri. Sekarang urusan desa sudah pindah ke kementerian sendiri yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi).

Menurut Peraturan Presiden Nomor 165 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kabinet Kerja, penyelenggaraan tugas dan fungsi di bidang desa yang meliputi kelembagaan dan pelatihan masyarakat desa, pemberdayaan adat dan sosial budaya masyarakat desa, dan sumber daya alam dan teknologi tepat guna pedesaan akan pindah ke Kementerian Desa. 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan urusan desa yang selama ini di bawah Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan melebur dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Tidak hanya kantor yang berpindah. Domain Kementerian Desa juga ikut pindah. Kalau sebelumnya, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi menggunakan domain http://www.kemenegpdt.go.id/ sekarang tidak dapat lagi diakses oleh publik karena sudah Bad Request (Invalid Hostname). 

Saat ini ada dua website informasi dan publikasi Kementeria Desa, PDT dan Transmigrasi yang masih aktif yaitu http://www.kpdt.go.id/ dan http://www.kemendesa.go.id/ dan kedua website tersebut memiliki wajah tampilan yang sama.

Sepertinya, website dengan alamat domain http://www.kpdt.go.id/ akan segera di Bad Request (Invalid Hostname) alias tidak dapat diakses publik lagi. 

Hal tersebut, berdasarkan informasi yang diperoleh dalam twitter @KemeDesa yang menyebutkan bahwa Domain web kami sudah berubah, web kpdt.go.id sekarang menjadi alamat kemendesa.go.id

Artikel Terkait